cinta ibu

Serial Cerita Hikmah: Pohon Gandum dan Ilalang

2 Comments


Blogger, apakah kamu melihat kondisi psiko-sosial bangsa yang carut marut ini ?

Orang-orang merasa yang paling benar sementara yang lain menunjuk hidung orang lain.

Merasa tak cukup kuat seorang diri… mereka bentuk komuni demi memperkuat opini.

Kalo sudah seperti ini siapa benar siapa salah ?

Alkisah, saya tengah melakukan perjalanan di sebuah kebun luas.  Di ladang kebun ini pepohonan diberi kebebaskan untuk tumbuh. Masih pada jarak pandang saya melihat ada 2 orang sedang duduk dikursi tengah menunjuk sesuatu dikebun. Dari kelihatannya seru sekali apa yang mereka lakukan… ngotot dan saling mempertahankan pendapat.

Karena saya harus tetap melewati jalan yang lurus itu … mau tak mau perjalanan saya nantinya pasti terlihat oleh mereka. Seperti yang sudah saya duga ..keseruan mereka terganggu oleh kehadiran saya.

Dalam situasi seperti ini saya adalah orang ketiga diantara mereka.

Belum juga saya bertanya… mereka sudah menceritakan apa yang tengah mereka debatkan.

Tahulah saya mereka tengah  perdebatkan pepohonan diantara kebun itu. Orang yang berbaju warna warni mengatakan itu pohon ilalang sementara orang yang berkain mengatakan kalo itu pohon gandum. Lucu sekali mereka terus berusaha mempengaruhi saya untuk memihak ke salah satu pendapat.

Saya katakan pada mereka “Pada usia segini mana pohon gandum mana ilalang sulit dibedakan… duduk saja kalian disini sampai masa panen tiba pasti nanti terlihat mana pohon gandum dan yang mana ilalang.. jika sudah terlihat pisahkan saja pohon gandumnya dan kalian bakarlah ilalangnya”.

Sayapun berlalu. Mereka menunggu.

Salam.

Panca.

followme: @pancagram

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

2 thoughts on “Serial Cerita Hikmah: Pohon Gandum dan Ilalang

  1. saya berlalu. merekapun menunggu.. aaah suka sekali kalimat2 ini pak..🙂
    nice share.. keep posting😉

Leave a Reply

