cinta ibu

Kekuatan Spiritual

9 Comments


Konten ini saya tulis untuk merefer salah satu artikel lain berjudul Makna Simbol dan Warna Ungu yang menurut banyak orang bahwasanya warna tersebut dapat merefleksikan kepada kekuatan spiritual. Lantas apa kekuatan spritual yang dimaksud? Kekuatan spiritual itu sendiri  bisa mengacu ke berbagai sudut pandang, tergantung dari perspektif mana seseorang  melihat. Secara terminologi, spiritual  berasal dari gabungan kata Spirit dan Ritual.

Spirit itu dapat dikatakan sebagai suatu materi yang tidak mudah dilihat oleh penglihatan, namun spirit pada prinsipnya adalah sesuatu yang nyata  dan beberapa orang bisa merasakan kehadirannya. Dalam konteks hakikat, spirit itu merupakan sesuatu yang hidup, dia sudah ada karena dia memang sudah ada dan dia ada dalam keberadaanya.

Sedangkan ritual, banyak pandangan untuk mengartikannya. Apabila kita mengartikan dari sudut pandang agama, ritual itu adalah sesuatu proses yang dilakukan berdasarkan suatu ketentuan untuk menghadirkan spirit itu sendiri. Dan apabila diartikan lebih jauh lagi ritual bisa berarti syariat, karena syariat sendiri adalah sebuah ketentuan yang dibuat oleh Sang Pencipta supaya manusia bisa menjalani kehidupan dengan selaras dan seimbang.

Kehadiran spirit  bukan semata-mata hadir  karena ritual (membaca  zikir tertentu) tetapi kekuatan ini muncul karena kehendak Tuhan. Spirit juga bisa hadir apabila kita lemah tak berdaya; Ibrahim tidak terbakar bukan karena dia meminta atau melakukan suatu ritual/syariat tertentu, tetapi Ibrahim tidak terbakar karena dia tidak berdaya dan hanya pasrah kepada keyakinan yang dia pegang, sehingga hadirnya spirit muncul karena itu sudah merupakan kehendak-Nya.

Ada banyak terminologi yang justru mempersempit hakikat spiritual. Spirit dan ritual terlanjur melekat pada sebuah terminologi supranatural, padahal nilai-nilai spiritual jauh lebih luas melingkupi terminologi supranatural itu sendiri. Spiritual tidak ada kaitannya dengan praktek-praktek perdukunan. Spiritual lebih berkaitan dengan bagaimana bentuk komunikasi, penghayatan, pemaknaan dan hakikat antara makhluk dan Tuhannya.

Jadi spiritual adalah masalah yang paling pribadi yang melibatkan unsur hati, perasaan, jiwa dan ruhani yang tidak bisa digambarkan dengan apapun karena hakikatnya spiritual itu adalah sesuatu rahasia dibalik rahasia.

Jakarta, 26 Oktober 2011.

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

9 thoughts on “Kekuatan Spiritual

  1. Pingback: Makna simbol dan Warna Ungu « PANCA

  2. Pingback: Mengulas Warna UNGU « Phryzcha's Blog

  3. Pingback: First Post « Adventure of Words

  4. Pingback: Ungu « Seribu Sembilan's Web blog

  5. Pingback: nishellshelly

  6. kekuata seorang manusia itu terletak pada dirinya sendiri tergantung bagaimana dia bisa membuat nya dan atas bantuan allah pasti kan tercapai semuanya

  7. Pingback: Artikel : Makna dari warna ungu | lisadwi58

  8. Pingback: PURPLE | Chintya Prima Avrianti

  9. Pingback: MENGANALISIS COVER(SAMPUL) LAGU | vickymuhammadr197

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s