cinta ibu

IT Master Plan / Rencana Induk TIK untuk Pemerintah

7 Comments


Pemanfaatan teknologi informasi sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari proses operasional pekerjaan sehari-hari. Bahkan pada beberapa sektor industri, ketergantungan terhadap teknologi informasi sudah sangat besar. Dibandingkan pada 10 tahun silam, pemanfaatan teknologi informasi pada sektor pemerintah sudah lebih baik. Namun demikian pengertian dalam  mendefinisikan teknologi informasi masih sangat beragam.
Sebagian mengartikan teknologi informasi adalah website. Jadi jika suatu instansi sudah memiliki website, mereka mengatakan sudah mengimplementasikan teknologi informasi. Lalu berbondong-bondonglah mereka membangun website. Ada juga yang  mengartikan teknologi informasi sama dengan jaringan komputer / LAN. Sebagian juga ada yang mengartikan teknologi adalah Aplikasi Layanan Satu Atap.

Hmmm … boleh lah … tidak ada yang perlu disalahkan dalam hal ini. (Justru kita kitalah para praktisi IT yang harus membantu dan terlibat dalam memperkuat pemerintah dengan mempergunakan teknologi informasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik).

Apapun itu .. faktanya hampir sebagian instansi pemerintah kurang merencanakan dengan baik akan kebutuhan teknologi informasi yang diperlukan di instansinya. Sebagai contoh, di suatu Pemkab XYZ, yang terdiri dari hampir 10 SKPD, masing masing SKPD melaksanakan kegiatan pembangunan sistem teknologi informasi.  Hanya sayangnya tidak ada kordinasi antar masing masing SKPD tersebut. Pada akhirnya, ketika ada kebutuhan untuk mengintegrasikan masing masing sistem yang ada di SKPD, sistem yang  telah dibangun tersebut tidak bisa saling berkomunikasi.

Untuk menghindari kesalahan kesalahan pada contoh diatas, Instansi pada kantor pemerintah sebaiknya membuat suatu perencanaan yang disebut IT Master Plan atau Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). IT Master Plan berisi rencana strategis dalam mengimplementasikan dan membangun sistem informasi (dalam hal ini) di   instansi pemerintah dimaksud.

IT Master Plan berisi pedoman kebutuhan sistem informasi seperti apa yang dibutuhkan oleh pemerintah. Yang perlu menjadi catatan adalah bahwa IT Master Plan harus sinkron dengan Business Process instansi tersebut. Pembangunan sistem yang ditulis dalam IT Master Plan merupakan Tools untuk membantu instansi dalam mencapai visi dan misinya.

Selain manfaat diatas, IT Master Plan akan menjadi dasar perencanaan dalam hal investasi dan implementasi teknologi informasi. Kedua, IT Master Plan bisa mengurasi resiko kegagalam sistem dalam implementasi teknologi informasi, seperti : – Sistem informasi yang dibangun tidak sinkron dengan kebutuhan / kepentingan instansi – Antar aplikasi yang dibangun tidak bisa diintegrasikan – Anggaran yang telah dikeluarkan tidak sesuai hasilnya dengan yang diharapkan – Sistem yang dibangun tidak memiliki standard yang sesuai degan standar industri yang semestinya.

(bersambung)
Link terkait dengan electronic government:
– aplikasi pendukung egov dan kaitannya dengan otda (2006)
egov. ‘e’ nya dulu ? atau gov nya dulu ? (2006)
UU No. 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

7 thoughts on “IT Master Plan / Rencana Induk TIK untuk Pemerintah

  1. Yth. Pak Panca, saya mau tanya apa dasar / mengacu pada apa pemerintah untuk mengadakan kegiatan pembangunan IT Master Plan ?

    Terimakasih untuk jawabannya.

    • Yth. Pak Suryadi, terimakasih sudah mampir di blog ini. Bagi instansi pemerintahan yang akan mengadakan kegiatan pembangunan IT Master Plan dapat mengacu kepada :
      1. Undang – undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
      2. Inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang Strategi dan Kebijakan Nasional Pengembangan e-Government
      3. Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
      4. SK Keputusan Pemerintah Daerah (jika sudah ada), jika belum sebaiknya pemerintah daerah tersebut membuatnya.

      Demikian jawaban yang dapat saya berikan, sekiranya masih ada yang mau ditanyakan silahkan dan saya berusaha untuk menjawabnya. Terimakasih.

  2. Pingback: aplikasi pendukung egov dan kaitannya dengan otda « PANCA

  3. Pak Panca kalau kita mau membuat Master Plan IT,kira2 pihak ketiga yang bisa digandeng oleh instansi pemerintah yang lebih berkompeten menurut Saudara siapa ya ?

  4. yth.pak panca,bagaimana cara membandingkan strategi IT pada perusahaan pemerintah dengan teori strategi IT yang ada pada buku?trimakasih

  5. Yth. Pak Panca…saya seorang yang ingin mengikuti Tender untuk “Rencana Induk TIK di Pemerintah Provinsi Papua”, kebetulan kemaren saya baru mendaftar sebagai peserta lelang, akan tetapi saya tidak tahu rincian apa yang harus saya lampirkan dalam pembuat RAB, karena saya sendiri maseh baru dalam Tender Konsultansi ini. Sebelumnya saya sudah bekerja selama 6 thn sebagai IT Administrator di SCTV, apa boleh saya mendapatkan pencerahan dari Bapak, ini nmr saya (0853-44140606) untuk responnya. Terima kasih. Banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s