cinta ibu

Daftar artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan atau dieksploitasi secara komersial oleh korporasi asing, oknum warga negara asing, ataupun negara lain

31 Comments


Tahukah anda banyak sekali kekayaan budaya Indonesia yang sudah di claim oleh orang lain ? Berikut ini adalah daftar artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan atau dieksploitasi secara komersial oleh korporasi asing, oknum warga negara asing, ataupun negara lain. Terlalu !

1. Batik dari Jawa oleh Adidas
2. Naskah Kuno dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
3. Naskah Kuno dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
4. Naskah Kuno dari Sulawesi Selatan oleh Pemerintah Malaysia
5. Naskah Kuno dari Sulawesi Tenggara oleh Pemerintah Malaysia
6. Rendang dari Sumatera Barat oleh Oknum WN Malaysia
7. Sambal Bajak dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Belanda
8. Sambal Petai dari Riau oleh Oknum WN Belanda
9. Sambal Nanas dari Riau oleh Oknum WN Belanda
10. Tempe dari Jawa oleh Beberapa Perusahaan Asing
11. Lagu Rasa Sayang Sayange dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia
12. Tari Reog Ponorogo dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
13. Lagu Soleram dari Riau oleh Pemerintah Malaysia
14. Lagu Injit-injit Semut dari Jambi oleh Pemerintah Malaysia
15. Alat Musik Gamelan dari Jawa oleh Pemerintah Malaysia
16. Tari Kuda Lumping dari Jawa Timur oleh Pemerintah Malaysia
17. Tari Piring dari Sumatera Barat oleh Pemerintah Malaysia
18. Lagu Kakak Tua dari Maluku oleh Pemerintah Malaysia
19. Lagu Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara oleh Pemerintah Malaysia
20. Kursi Taman Dengan Ornamen Ukir Khas Jepara dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Perancis
21. Pigura Dengan Ornamen Ukir Khas Jepara dari Jawa Tengah oleh Oknum WN Inggris
22. Motif Batik Parang dari Yogyakarta oleh Pemerintah Malaysia
23. Desain Kerajinan Perak Desak Suwarti dari Bali oleh Oknum WN Amerika
24. Produk Berbahan Rempah-rempah dan Tanaman Obat Asli Indonesia oleh Shiseido Co Ltd
25. Badik Tumbuk Lada oleh Pemerintah Malaysia
26. Kopi Gayo dari Aceh oleh perusahaan multinasional (MNC) Belanda
27. Kopi Toraja dari Sulawesi Selatan oleh perusahaan Jepang
28. Musik Indang Sungai Garinggiang dari Sumatera Barat oleh Malaysia
29. Kain Ulos oleh Malaysia
30. Alat Musik Angklung oleh Pemerintah Malaysia
31. Lagu Jali-Jali oleh Pemerintah Malaysia
32. Tari Pendet dari Bali oleh Pemerintah Malaysia

Jika Anda memiliki informasi atau data pencurian, pempatenan atau klaim negara lain atas kekayaan budaya Indonesia segera laporkan di sini.

(SUMBER DARI : GERAKAN PENYELAMATAN BUDAYA NUSANTARA)
Panca.

Mohon tulis komentar anda.

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

31 thoughts on “Daftar artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan atau dieksploitasi secara komersial oleh korporasi asing, oknum warga negara asing, ataupun negara lain

  1. malaysia emang pecundang !!!!

    • Astagfirullah, segitu banyaknya. Marilah kita sayangi, kita kagumi, kita jaga baik-baik semua budaya kita. Jangan hanya terpukau budaya asing, budaya milik sendiri terabaikan. Kalau sampai dicuri lagi kitapun marah dan dongkol kan?
      Mulailah dengan memelihara Bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena bahasa adalah budaya kita yang paling dominan. Peliharalah dan kembangkanlah sehingga Bahasa Indonesia kita itu, layak digunakah di dunia Internasional, contohnya sekarang di dunia maya sudah mulai diterapkan bahas Indonesia, dukunglah. Masa kalau berbahasa Inggris sangat hati-hati takut salah, sedangkan berbahasia Indonesia malah dirobah-robah atau ditambah. tolong simaklah dewsalah.blogspot.com.

  2. ganyang nyok,,, fu*k them,,

  3. ganyang malaysia (malingsia’)

  4. begitu jadinya bila pemerintah sendiri tidak menghargai hartanya…udah di klaim orang baru ribut!..dasar indonesia!

  5. Ck.. ck.. ck…. Ternyata banyak…
    Silahkan makan tuh sambal petainya Pak Cik… !

  6. hujad malaysia perkaya panca

  7. malaysia “Trully maling sia”. dgn slogan “malaysia trully asia”, seperti negeri tetangga kita satu ini terobsesi untuk mengumpulkan (plus mengklaim) budaya negeri2 lain di asia. yang paling banyak adalah dari indonesia. mungkin karena akar budayanya mirip kali ya. klo menurut kata bang napi “kejahatan itu terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya, tetapi karena adanya kesempatan. seharusnya kita harus lebih menghargai dan melestarikan budaya bangsa sendiri kan. jangan udah kemalingan baru ribut. Lembaga HAKI, birokrat, politisi, diplomat, pada kemanakah??? tidur?

  8. buat kalian semua yang comment dsini,.. jgn hanya bisa ngomong,.. apkah klian smua udah jaga kekayaan budaya qta,.. klo emang gak mau bdaya qta dcuri, perjuangin dong,..!! kalo perlu perang,.. qt jangan mau dlecehkan,.. jangan smpai qta dremehkan,..!!!!! MERDEKA,..

  9. Pemimpin kita itu lemah, dengan dasar diplomasi smp mati jadi alasan klise utk tidak mau klaim harta bumi pertiwi ini, apalagi MALINGASIA yg udah jelas-jelas menjatuhkan harkat martabat NKRI. Lihat aja provokasi di sekitar block ambalat, pencurian budaya sampai .. manohara😉, apa coba tindakan pemerintah ? nota keberatan ?! .. cape deh! biar kita keluarin satu rim nota keberatan kalo pemerintahnya tidak berani ambil tindakan strategis!? si maling tetep akan jadi maling ! GANYANG AJAH udah … *sebel mode : On*

  10. Yang paling banyak malaysia ya….hebat…berani ga pemerintah kita untuk bertindak? Kalau memang berani harus kita dukung…demi harkat dan martabat kita sebagai bangsa yang punya martabat…

  11. Mari kita buat shock therapi buat negara Jiran ini..
    mari kita buat gerakan masyarat anti Msia n Ganyang Msia….kita mulai dri kelompok lingukungan kita terkecil dulu…. mulai sweeping org org Msia di lingkungan kita….n Ganyang di tempat klo ada yg mencurigkan….sampe negera mereka kapok mencuri lagi…n efek lainya Si Noordin Top pasti nya lari terbirit birit klo dia mulai liahat org Msia mulai di gebukin rame..rame..

  12. harus gmna ne kita sekarang untuk mmperbaiki hal ini??

    klo g da tindakan ne bisa jd budaya kita..
    budaya kecurian..

  13. Pingback: Malaysia Akan Menjadi Salah Satu Propinsi NKRI ??? | cas on the blog

  14. ternyata banyak juga yang telah dicuri dari qta….
    nich tugas baru bwt pemeritah untuk lebih menjaga apa yang qta punya….
    jangan kecolongan terus….
    bila perlu bwt hari kebudayaan nasional n dihari itu yach smua budaya yang qta punya qta tampilin, syapa tau bisa masuk rekor dunia….
    jadi dengan sendirinya negara lain jadi pada tau klo ini lho budaya Indonesia, kan klo ngarepin pemerintah susah juga biz kayaknya masih banyak yang jadi urusan pemerintah qta…..

  15. Ada 1 yang kurang : Tempe . Sudah dipatenkan ama orang jepang dari bahan pembuatan sampe brang jadi (tempe) tapi karena tempe ga laku di Jepang akhirnya yang patenkan gigit jari…solusi : jangan cuma menghujat malingsia..kita juga harus suruh departemen budaya untuk take action patenkan semua barang bikinan Indonesia..tapi memang dimana mana birokrat emang goblok dari dulu kenapa ga patenkan !!

  16. Beginilah jadinya kalau sistem pemerintahan yang lambat dalam meng hak patenkan budaya negara ini…
    Apa jadinya kalau semua budaya kita di ambil negara lain???
    Saya berharap pemerintahan jangan diam saja menatap dengan panah kejadian ini!!!!!

  17. Pingback: Twitter Trackbacks for Daftar artefak budaya Indonesia yang diduga dicuri, dipatenkan, diklaim, dan atau dieksploitasi secara [panca.wordpress.com] on Topsy.com

  18. klo disuruh untuk war gw maju paling depan……asu malingsia

  19. harusnya dari dulu pemerintah indonesia bertindak buad bikin hak cipta… biar budaya kita ga diambil lagi, nanti semakin lama budaya indonesia semakin berkurang atau malah akan hilang hanya gara2 budaya kita tidak dipatenkan ..

  20. Gak Ade gunanye kita nie memaki – maki Malaysia kalau ternyata awal dari semua ini adalah kesalahan kita yang tidak peduli terhadap kekayaan budaya kita. Jadi, masih ada kok beberapa yang belum dicuri… Yaa..
    Kita jagalah itu, Jangan Kecolongan Lagi!!!!!!!!!!!!!

  21. Malaysia memang kelewatan

  22. udahlah banyak pihak yang menginginkan qt rbut ma tetangga su qt mesti pandai teman,udah bkan jmannya lge omong doank saatnya bertindak….pake batik bukan bju import,makan sambal petai ban di kfc,qt mulai dari diri qt sendiri,ukeee…..
    MERDEKA

  23. Dh2 jgn pd ribut ngapa?ya bner jg,,g da gunany ngomongin ssuatu yg dh g da..baek ny,kta jg aja sma2 budaya2 kta yg msh ada…oke bos!bukti kongkret ye!jgn OMDo…aliaas omong duank..

  24. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

  25. Apa ada tindakan yang lebih langsung untuk mengambil kembali Budaya Indonesia itu? Kalau memang sudah jelas milik Indonesia, ya ga usa takut. Tentu indonesia bisa memberi barang bukti untuk menunjukkan bahwa budaya itu memang milik indonesia.

  26. perhatikan buruh

  27. ea yg salah siapa ea. . .,yg pastinya negara yg mengklaim kekayaan budaya INDONESIA.ituilah yg salah dan gak tau malu ,dan saya rasa asli dan membajak itu pasti keliatan karna budaya itu terlahir karn kebiasaan bisa kita liat dari asalnya,luesny,keunikanya,caranya dan juga hasilnya yg asli pasti lbh baek, cepat,rapi,awet,luwes pantes,cocok dan juga tau sela dan yang pasti menyimpan resep & rahasianya karna terbiasa melakukanya sehingga sudah lihai dan juga pahan bila negara asing tetap mengakuinya ajak doel aja,mari bangsa indonesia jaga & lestarikan budaya indonesia.

  28. ea bangga dunks,sebagai bangsa INDONESIA yg kaya & beragam akan pesona kebudayaan sehingga membuat negara asingpun ingin memilikinya,tatapi celaka & bejatnya moral dan tidak berkeprimanusiaan pemimpin inilah penyebab awalnya mengapa kekayaan kita bisa diklaim negara lain & itu tdk tanpa sebab & tujuaan,dan mereka bisa menceritakan sejarah terbentuknya kebudayaan itu dan tak mungkin mereka mengklaim jika mereka tdk mempunyai bukti nyata dari mana kalau bukan dari bangsa ini sendiri yg menceritakan,mengajarkan,menyebarkan atau bahkan menjualnya dan mengabdi demi kelangsungan hidup dan demi harga diri karna dinegri sendiri tdk dihargai jika dinegara lain dihormati dan dihargai apa bolh buat,mengapa tdk-kan begitu, jika sudah begini berfikir dong pemimping bangsa yg kami harapkan kesejahteraan dan ketenanganya dari engkau perhatikan nasib dan juga harga diri bangsa dan negara ini,karna hidup sekali jika mati harta yg engkau dapati tdk akan engkau bawa mati hanya pengabdian & budi pekertilah yg akan menjanjikan ketenangan dan kebahagiaan

  29. waaaa malaysia malengsia huuuuuhhhuuuuu ga kreatif pake ngeklaim milik indonesia

  30. seandainya mereka kreatif ga ngeklaim sambel aja di klaim ga kreatip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s