cinta ibu

Organizing dan Staffing dalam proyek pembangunan Sistem Intranet (case study)

5 Comments


Diberi mandat untuk memimpin proyek pembangunan intranet bukan hal yang mudah, salah salah nilai KPI kita bisa turun drastic. Oh no …

tapi bukan juga hal yang sulit jika kita menyusun langkah dan perencanaan dengan tepat.

Langkah awal yang saya lakukan adalah membuat organizing dan membentuk staffing.

Dalam bahasa saya, Organizing dimaksudkan mengelompokkan kegiatan yang diperlukan, lalu menetapkan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang terkait dengan pembangunan intranet. Tujuannya agar tercipta aktifitas yang terarah dalam mencapai goal yang telah ditentukan.

Sedangkan Staffing, merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personel yang tergabung dalam proyek intranet. Staffing berhubungan dengan penetapan orang – orang yang akan mengawaki masing-masing posisi, mulai dari perencanaan – pelaksanaan hingga masa operasional / maintenance daripada sistem intranet. Jadi, organizing dan staffing merupakan dua fungsi manajemen yang sangat erat kaitannya.

Setelah staff terbentuk, lalu kami melakukan beauty contest, proof of concept dan sebagainya untuk menentukan dan memilih produk apa yang akan kami terapkan di sistem intranet kami. Dari proses yang panjang, akhirnya kami memilih sistem intranet yang world-class. Maka terpilihkan Sharepoint. Disamping itu juga kantor saya memang sudah menggunakan beberapa produk Microsoft seperti Dynamics AX dan Exchange Server. Sedangkan Microsoft ProjectServer akan kami bangun setelah proyek Sharepoint a.k.a coming soon. Jadi kenapa harus pilih yang lain ?😉

Sebagai Case Study, tabel dibawah ini adalah contoh worksheet daripada staffing yang saya bentuk dalam pelaksanaan project sistem intranet untuk internal kantor saya.

STAFFING

NO.  ROLES
1. Project Director: Handhyka Kuswandi
2. Project Manager: Budi Pria Panca, MCTS
3. Farm Architect: Budi Pria Panca, MCTS
4. Sharepoint Web Farm Administrator: Budi Pria Panca, MCTS
5. Database Administrator: Hartono Wijaya, MCTS
6. Network Administrator: Agus Sobirin, MCTS
7. Windows 2008 Server Administrator: Purwandi, MCTS
8. Microsoft Exchange 2007 Administrator: Agus Sobirin, MCTS
9. Front End Support: Gunawan
10. Application Site Development: Hartono Wijaya,MCTS
11. Test/QA Lead: Rosda Siahaan
12. Test/QA Members: Iwan Setiawan – Gunawan, Purwandi
13. User Education / Training Lead: Hartono Wijaya, MCTS
14. Stakeholder (Team Members): Key Users of Management

Semoga catatan seorang Panca bisa memberi manfaat. Amin

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

5 thoughts on “Organizing dan Staffing dalam proyek pembangunan Sistem Intranet (case study)

  1. Alo bro,

    menarik sekali artikel nya bro. jika tidak keberatan boleh kah kita share experience nya.

    Terima kasih

    • Bro Joule, dengan senang hati bro, mari kita share knowledge about sharepoint experiences🙂

      aku pun punya misi supaya kita kita bisa membentu komunitas sharepoint

  2. tapi sy x bape nak phm la…. ayat tue ade bhse indon skit.. sowei…

  3. Pingback: Kumpulan Arsip Dokumentasi Konfigurasi Sharepoint 2007 « PANCA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s