cinta ibu

Adding Column Pada Microsoft Office Sharepoint Server 2007

1 Comment


SharePoint menyediakan set built-in template yang sudah ada dan anda tinggal merubahnya sedikit. Built-in template yang dimaksud adalah Discussion Forum, Calendar, Contacts, Announcement, dsb. Built-in template sebagian besar memberikan kelengkapan yang anda perlukan, namun ada saja yang perlu anda rubah agar memenuhi kebutuhan bisnis anda.


Oleh karena itu, demonstrasi tutorial ini akan memperlihatkan bagaimana cara menambahkan kolum untuk mengumpulkan informasi tambahan, menambahkan kolum tipe kalkulasi, dan menambahkan kolum tipe look-up.

Untuk menambahkan kolum, caranya:
1. Buka Daftar Telepon yang telah dibuat
2. Klik Setting dan pilih Create Column
3. Berikan nama kolum baru ini Assistant, dan biarkan pilihan lainnya secara default, lalu klik OK

Gunakan kolum tipe kalkulasi untuk menggabungkan 2 kolum menjadi 1.
Contohnya, terdapat First Name dan Last Name yang ingin digabungkan menjadi Nama Lengkap atau Full Name.
Untuk melakukan itu:
1. Klik Setting dan pilih Create Column
2. Berikan nama Nama Lengkap
3. Pilih Calculated
4. Tulis formula nya seperti berikut
5. Klik OK

Untuk menghindari kesalahpahaman antara kolum Full Name dengan Nama Lengkap, maka perlu di delete Full Name nya, caranya:
1. Klik Setting dan pilih List Settings
2. Pergi ke bagian Column dan klik Full Name. SharePoint menampilkan halaman Change Column.
3. Pergi ke bagian paling bawah dan klik Delete. Klik OK untuk konfirmasi.

Pada awal demonstrasi, saya perlihatkan cara menambahkan kolum Assistant yang nilainya bersifat teks.
Sekarang kolum Assistant perlu dibuat menjadi Look-up List.

Pertama, Assistant harus dihapus, kemudian dibuat lagi, caranya:
1. Klik Settings dan pilih List Settings
2. Pergi ke bagian Column dan klik Assistant
3. Pergi ke bagian paling bawah dan klik Delete. Klik OK untuk konfirmasi.
4. Pada halaman Change Column, klik Create Column
5. Berikan nama kolum Assistant dan pilih Lookup.
6. Pilih Daftar Telepon R&D dan Nama Lengkap, lalu klik OK

Sekarang anda bisa mengisi cell kolum Assistant ini, caranya:
1. Klik Actions dan pilih Edit in Datasheet
2. Klik pada kolum Assistant dan ini berfungsi sebagai sortir dan filter
3. Klik dibawahnya Assistant, maka pilihan Nama Lengkap pada Daftar Telepon R&D terdapat didalam pilihan ini.

Mengapa menggunakan Lookup? Karena lookup bisa memberikan integritas data, yang berarti, jika nama orang dirubah, maka Lookup List nya pun mengikuti perubahan nama itu.

Perubahan lain pun ikut sinkron sesuai dengan nama orang yang dirubah tadi.
Contohnya:
1. Saya rubah nama Agus menjadi Agustina
2. Klik Actions. Klik Yes untuk konfirmasi
3. Klik Show in Standard View. Maka tampil perubahan dari Agus menjadi Agustina.

Dimanapun yang ada nama Agus Ragus, akan berubah menjadi Agustina Ragus sesuai dengan perubahan tadi. Jika saya klik nama nya, maka ia pun menampilkan perubahan pada site Agustina. Jadi, Lookup itu sangat konsisten dan memberikan integritas pada data. Bila saya rubah kembali nama Agustina menjadi Agus, ia pun mengikuti perubahannya secara menyeluruh.

Sumber : Bung Arkka

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

One thought on “Adding Column Pada Microsoft Office Sharepoint Server 2007

  1. Pingback: Kumpulan Arsip Dokumentasi Konfigurasi Sharepoint 2007 « PANCA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s