cinta ibu

Situs Jejaring Sosial Pencinta Perpustakaan

2 Comments


Berawal dari pertemanan di situs jaringan sosial para pembaca buku – GoodReads – group Indonesia, mereka berinisiatif untuk membangun sebuah situs jaringan sosial bagi para pencinta perpustakaan bernama Sobat Perpus. Idea ini diawali oleh salah satu dedengkot GoodReads Indonesia bernama Amang ini dapat diakses melalui alamat domain http://www.sobatperpus.com

Berbeda dengan situs jejaring sosial GoodReads yang mempertemukan para pembaca dengan pembaca, situs jejaring sosial SobatPerpus mempertemukan antara pencinta perpustakaan dengan perpustakaan. Situs  yang di relaunching  pada tanggal 12 November 2008 -bertepatan dengan acara pembukaan Indonesia Book Afair 2008- ini memiliki visi agar perpustakaan di Indonesia, baik itu perpustakaan skala kecil ataupun besar, dapat terus hidup dan dicintai oleh masyarakat.


Salah satu kegiatan Sobat Perpus adalah dengan melakukan kegiatan sosial membantu perpustakaan. Salah satu kegiatan sosial yang dilakukan para anggota SobatPerpus yakni menggalang sumbangan buku yang selanjutnya disumbangkan kepada perpustakaan perpustakaan yang membutuhkannya. Disamping itu, karena ada beberapa members situs SobatPerpus yang memiliki profesi sebagai pustakawan, komunitas ini sering juga memberi bantuan mengenai tata cara mengelola perpustakaan. Baik dengan menggunakan cara manual maupun dengan menggunakan perangkat lunak perpustakaan.

Yang perlu diketahui bahwa situs jejaring sosial ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mendaftar, tidak harus orang yang memiliki perpustakaan umum, tetapi banyak juga anggota komunitas ini yang memiliki perpustakaan pribadi dirumahnya. Mulai dari yang cuma memiliki koleksi 10 buku hingga 2000 koleksi buku bergabung disini.

Situs ini dibangun secara bergotong royong atas sumbang pikir members Goodreads Indonesia. Untuk hosting misalnya, sementara ini masih ‘menumpang’ subdomain dari AgenKultur Foudation. Mudah2annya kedepannya ada rekan yang berjiwa sosial dan peduli kepada perpustakaan mau membantu menyediakan hosting dalam kuota yang memadai.

Satu hal yang perlu kita dukung dari situs ini adalah visinya berupa turut memperkaya situs lokal konten di Indonesia. Amin

Add to Technorati Favorites

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

2 thoughts on “Situs Jejaring Sosial Pencinta Perpustakaan

  1. kenapa koq ga pernah update blog lagi???

  2. setuju dg idenya mas… perpus mesti dikembangbiakan di mana2 mas… salam kenal mas. sy suka perpus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s