cinta ibu

Microsoft Sharepoint 2007

20 Comments


Bulan ini ada beberapa kejadian luar biasa. Diluar kebiasaan. Salah satunya, kalo dulu saya biasa mendevelope intranet system dengan menggunakan produk opensource, sekarang jutru kantor sedang deployment Microsoft Office SharePoint. Pilihan kepada produk berbayar Microsoft disebabkan lemahnya bahkan kalo boleh dibilang  sangat minim support dari mereka, karena memang produk opensource suportnya based on community. Menggunakan produk Microsoft membutuhkan migrasi dan adaptasi kelingkungan baru. Tapi bukan persoalan rumit kok.

Sharepoint memang powerfull, sesuai sih dengan harganya yang muahal.

Lantas untuk membekali knowledge tentang Microsoft Sharepoint adalah mencari resources dan literatur sebanyak banyaknya.  Windows Server System Community salah satu resources yang cukup menyediakan informasi tentang produk buatan microsoft.

Begini katanya Would you like to get your computer advice directly from the leading technology experts? Interested in tips from power users or developers? Do you have tips you’d like to share with others? Then you’ve come to the right place where WSS geeks are around. There is a live community of computer experts and computer users who are taking advantage of the Internet to exchange ideas, information, knowledge, and expertise about Windows Server. If you are unfamiliar with the ins and outs of conversing with others over the Internet, don’t worry. Once you take the plunge and join in, you’ll find that participating in chat sessions and accessing newsgroups is very easy.

Bagi kawan kawan lain mungkin ada baiknya join di komunitas itu.

Kembali ke Microsoft Sharepoint, sepertinya mungkin pengguna Microsoft Sharepoint di Indonesia belum cukup banyak, terlihat dari sedikitnya konten dan forum yang sharepoint. Untung saja ada Audi Primadanthy yang telah menulis ebook Quick Star Microsoft Office Sharepoint 2007 secara komprehensif. Terimakasih ya, Audi.

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

20 thoughts on “Microsoft Sharepoint 2007

  1. help me dunk…. Saya juga mo tau tentang sharepoint dunk…
    Ada tutor pake bahasa indo ?? kl ada url-nya deh…
    Thankx ya…

  2. Hai Irvan, silahkan join di geeks.netindonesia.net
    disini ada ebook sharepoint dalam bahasa Indonesia

    YW

  3. udah di download cie tp masih blom ngerti :P… masih awam bner nie.. ada ide ga biar Saya bisa cepet mahir dalam 1 minggu.. Soalnya di kantor dah ada project untuk itu…😛 HElp me.. kl ada buku nya boleh juga…
    email me : choq_tra_la_la@yahoo.com

  4. hai… katanya udah di download tapi kok masih nanya buku nya ?
    emang yang irvan download apa ? disana kan ada ebook nya.

    wah mahir dalam seminggu ? hehehehe kalo tiap hari ngutak atiknya mungkin bisa aja🙂

    coba aja baca bukunya sambil nginstall .. dibuku itu sudah dijelaskan secara gamblang kok

  5. kebetulan di kantor sempat memakai sharepoint, cuman akhirnya sekarang di drop. setahu saya dulu sharepoint servernya gratis (kalau ga salah sech) sekarang sudah mulai dikomersilkan, yang menjadi pertimbangan lagi kenapa didrop karena untuk memanfaatkan secara maksimal share point adalah di sisi client apabila akan menggunakan fungsi “edit data sheet” harus menggunakan browser yang mendukung activeX dan ini hanya terdapat di Internet Explorer(dulu pernah ada plugin activeX di firefox tapi sekarang sudah tidak dikembangkan lagi), dan juga sharepoint services (untuk fungsi “edit data sheet”) hanya ada di paket yang Profesional Edition dan yang per aplikasi sedangkan untuk MS Standar Edition tidak ada. sepertinya ini memang strategi bisnis dari microsoft untuk membundling antara SharePoint, Internet Explorer, dan Office. maaf kalau ada yang salah…thx.

    • Sekarang juga masih gratis kan pak ? yang gratis ini Windows Sharepoint Services (WSS) nya. saat ini sudah sampai ke versi WSS 3.0. Sedangkan untuk versi komersialnya namanya Microsoft Office Sharepoint Server (MOSS), sampai saat ini sudah mencapai versi 2007, dan Microsoft sudah announcement versi 2014 yang katanya akan dipublish pada tahun 2010.

      Oh ya, sekarang kita sudah bisa menggunakan Sharepoint melalui browser selain IE setelah Sharepoint-nya kita update ke SP2.

      Limpatargo benar kok, supaya Sharepointnya powerfull gak akan cukup kita mesti pilih license Enterprise.🙂

      Salam

  6. hmm, imho, sharepoint itu ibarat bikin baju, lebih banyak fitur jahitan kita ndiri (bahkan lebih powerful) dibanding fitur2 ‘out of the box’ yang dipresentasi2kan

    dah gitu kita dicekek dengan lisensi beli servernya, abis itu digantung lagi dengan lisensi user aksesnya

    “njahit”nya ndiri tadi juga butuh biaya yang ga sedikit. Gw ndiri ngerasa yang juawal cuman bisa blowup presentasi yg salah satunya gambar di atas dibanding bantuin customer nunjukin real life sample “HOW” everything they’ve presented “WORKS” as promised in the presentation

    ya it sucks

  7. @kidy, terimasih atas opininya. Untuk mengimplementasikan MOSS memang mesti mempertimbangkan biaya beli server license dan user license nya. Apalagi bila kita bandingkan dengan software sejenis besutan opensources.

    secara harga yang mesti dikeluarkan untuk implementasi sharepoint memang tidak sedikit.

    yang perlu dipertimbangkan adalah implementasi MOSS jangan dianggap sebagai cost, tetapi sebagai investasi. Demi meningkatkan efektifitas dan efisiensi roda organisasi kenapa tidak ? apalagi dengan adanya support dari vendor. Kalo ada apa apa kan jadi lebih mudah🙂

  8. Microsoft dari SharePoint 2003 selalu mengeluarkan 2 produk : WSS (windows sharePoint Services) dan SharePoint.

    Utk yang WSS itu free, silahkan di download di sitenya. Bila hanya utk document management, workflow, blogs, wiki, list, news, conctact. Masih bisa menggunakan feature ini.

    Banyak kok saya punya client menggunakan WSS utk solusi di kantornya dan kami juga yang lakukan customisasi WSS di sana.

    Utk ebook SharePoint dalam bahasa indonesia bener masuk saja ke WSS-ID site http://wss-id.org/ dan utk ebook sharePoint for developer nantikan waktunya di geeks.netindonesia.net atau join dengan email dotnet@netindonesia.net

  9. bisa tolong informasikan s/w house atau konsultan yg expert dalam kustomisasi sharepoint 2007 ? thanks before.

  10. @wilmar, coba lirik comment diatas anda, yang namanya Agusto itu konsultant untuk Sharepoint . ini link nya : http://geeks.netindonesia.net/blogs/agusto
    🙂

  11. tanya neeh om…klo misalnya kita beli yang sistem license emang dari pihak microsoft bakal ada yang bantuin kita dalam setup dan lain2 nya???

    secara itu khan barang very2 expensive….

    thanks 4 the reply

    • Chera, sepengetahuan gw untuk installasi / setup dan lain lain gak termasuk disediakan dari pihak Microsoft. Untuk implementasi mesti kita sendiri atau bisa minta bantuan consultant (bayar bo’).

      Kebetulan dikantorku aku sendiri yang implementasikan🙂

  12. Perusahaan ditempat saya bekerja sedang membutuhkan karyawan dengan kualifikasi memiliki Sertifikasi share point 2007/ 2010. Saya terus terang setalah 3 bulan mencari tetapi belum menemukan yang sesuai kualifikasi kami. Apakah ada yang berminat untuk melamar ? Bagi yang berminat silakan kirim CV dengan Title “IT Intranet” ke lifeinaxis@axisworld.co.id

  13. Pingback: Kumpulan Arsip Dokumentasi Konfigurasi Sharepoint 2007 « PANCA

  14. Pak Panca, apa ada rekomendasi konsultan untuk implementasi workflow dan doc management di sharepoint. Saat ini kami sudah mempunyai sharepoint

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s