cinta ibu

Masih seputar Transkrip Rekaman Blackbox Adam Air: Roy Suryo bilang yang beredar di internet asli

3 Comments


Roy Suryo yang difitnah sebagai pakar telematika menyatakan bahwa rekaman percakapan pilot dan copilot pesawat Ada mAir sebelum jatuh di Perairan Mejene,Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 lalu adalah asli.
Ketty (istri copilot) menyatakan hal itu melalui telpon ke ponsel Roy kemaren malam.

Roy meyakini keaslian suara itu dan menyatakan bisa mengusut siapa black-angle yang mengupload ke internet. Roy Suryo meyakini, rekaman yang beredar di internet itu tidak direkayasa.”Dari instrumen, atmosfer, dan jarak instrumen tampaknya tidak ada rekayasa.

Saya yakin ini asli, tapi didapatkan secara ilegal dan disiarkan lewat internet. Saya tidak berani janji kapan, tapi suatu saat saya ungkap, saya sedang mengumpulkan bukti-bukti bahwa itu adalah suara copilot yoga” katanya.

Roy Suryo kemarin memerdengarkan suara rekaman yang dipermasalahkan itu. Terdengar percakapan pilot dan copilot dan suasana mencekam pada semenit terakhir, ditandai dengan suara alarm over speed sensor dan teriakan Allahu Akbar berulang kali sebelum akhirnya hilang.

Roy mengungkap ada tiga kemungkinan di balik penyebaran rekaman VCR di kokpit AdamAir itu, yaitu keluarga, teman, atau maskapaiyang tidak rela pilot dan copilot dipersalahkan seperti dalam laporan yang dirilis KNKT. Kedua, ada persiangan bisnis perusahaan pesawat Boeing dan Air Bus.

“Terakhir, mungkin ada pihak yang ingin menjatuhkan citra penerbangan di Indonesia. Rekaman itu kan tidak boleh beredar luas,” kata Roy
yang menggelar jumpa pers di Hotel Swarna Dwipa Palembang (7/8/8)

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

3 thoughts on “Masih seputar Transkrip Rekaman Blackbox Adam Air: Roy Suryo bilang yang beredar di internet asli

  1. wei panca lo gimana sih .. sembarangan aja lo gw difitnah sebagai pakar .. jangan bilang bilang dong .. lo kan teman gw ! ah payah de lu … gw jadi maluk nih …

    pertamax deh gw

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s