cinta ibu

transkrip rekaman blackbox kecelakaan pesawat adam air

30 Comments



Rekaman yang diduga mirip rekaman pembicaraan yang terekam dalam black box pesawat Boeing 737-400 PK-KI 574 milik AdamAir yang hilang di perairan Majene Sulawesi Barat 1 Januari 2007, beredar di internet sejak 31 Juli 2008.

(WARNING sound) : PULL…
Voice on DHI 574 cockpit : ini —-
ATC : trigana 161, the surface conditions, wind 290 degrees 07 knots, current visibility about 2 until 3 kilo mike, request descent?
in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– headingnya…..ini posisinya dia, di sono…. iya 21 mile) .
TGN 161 : say again sir?
ATC : trigana 161, visibility 2 until 3 kilo mike, surface wind 290 degrees 07 knots, runway in use runway 13, confirm ready for approach or make holding waiting for weather improvement?
TGN 161 : affirmative, we are make holding
ATC : roger, trigana 161, now fly heading… ee… two six zero expect holding on one five miles mike kilo sierra, radial three one zero mike kilo sierra…
in the background (Adam’s pilot chatting: —- —– —–, ujung pandang…. bos…. ujung pandang jelas?)
Voice on DHI 574 cockpit : aiyyah…. cuaca di mike kilo sierra (means…. Makassar… ampun deh)
TGN 161 : —-heading 260, 15 miles holding, trigana 161
Voice on DHI 574 cockpit : loh, ini DMEnya nih yah…
iya makanya juga ngaconya disitu
nah, ini mike kilo sierra
yah…
ATC : adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA?
DHI 574 : affirm
mach 74 maintaining 070…
Voice on DHI 574 cockpit : Bearing 074
anginnya dah mulai normal lagi
iyah….
ATC : Syahrizal confirm? (ATC asking for pilot’s name)
selamat tahun baru mas….
DHI 574 : Gatu
ok dicopy, disampaikan nanti, Insyaallah….
Voice on DHI 574 cockpit : —- koq DMEmu beda sama DME gambarnya ini
iyah…
ngaco dia tuh brarti
dah ngaco dah emang …dah ngaco
udah mulai gambar bambu ini
udah, kita percaya ama ini aja deh…
hehehe… iyalah….
—- cewe-cewe
makanya, terlalu jauh banget
—-
___noise___
salah lagi ini dia….
—-
iya nih
coba.. tolong confirm posisi aja, confirm on radial sekian.. 124 DME gitu
(on the background, FO calling ATC)
ATC : go ahead
—- : —- —-
DHI 574 : roger… adam 574 position is 125 miles mike kilo sierra, crossing radial 307 mike kilo sierra
Voice on DHI 574 cockpit : ok….. that’s confirm… that’s confirm
affirm
iya khan.. ngaco
ngaco FIDSnya udah —-, FMSnya…
FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… UEDANN opo…
oi terbangnya melanglang buana eh….
TGN 161 : trigana 161, maintain visibility now
ATC : standby one
Voice on DHI 574 cockpit : ini aja kep yah
coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh untuk navnya, pake —- audio altitude
yes
yah ini aja
TGN 161 : Trigana 161 request visibility now?
ATC : standby one
TGN 161 : standby
Voice on DHI 574 cockpit : masuk ke….
fail aja
fail?
yah, vault aja nih
—-
ntar attitude (or) altitude aja nih
ada semua —- cable? (probably AM/Air Mechanic try to repair something on cockpit)
attitude (or) altitude? nggak..
yang laen…
ATC : trigana 161 the visibility 2 until 3 kilo mike and runway change, 290 degrees 08 knots
Voice on DHI 574 cockpit : (Adam’s AM: klo angin dan headingnya saja, masukin ini …)
TGN 161 : copied, trigana 161
Voice on DHI 574 cockpit : —- SELCAL dan altitude
masukin ini
heading brapa nih kep? (FO asking)
zero… zero seven nine yah (captain)
iya
masukin ini keatas
TGN 161 : trigana 161, request ILS.. visual at runway 13
ATC : trigana 161, ee.. roger make left turn now heading on zero zero one descent two thousand feet, clear ILS approach runway 13
Voice on DHI 574 cockpit : ini kep?
taro NAV lagi….
TGN 161 : trigana 161, ….descent to two thousand confirm?
(in the background, warning sound ….—-….)
ATC : affirm
Voice on DHI 574 cockpit : taro NAV lagi, taro NAV lagi….
TGN 161 : descent to two thousand, trigana 161
Voice on DHI 574 cockpit : yes?
taro NAV lagi (in the background, WARNING sound …. —- …. WARNING alarm)
taro NAV lagi
NAV!…… ok kep?
JANGAN DIBELOKIN Nih… kita —- —–
captain, captain, captain…
(WARNING sign…. ticking….)
aduh kep, kep, kep….
ya, ya…
Allahuakbar……. Allahuakbar…….. Allahuakbar…….. Allahuakbar……..
DHI 574 : Mayday…..
Voice on DHI 574 cockpit : argh…
Allahuakbar….
DHI 574 : MAYDAY… MAYDAY…!!
Voice on DHI 574 cockpit : Allahuakbar….
allahuakbar….
(…sounds like windshield kracking…)
argh…
allahuakbar….

NB :
- DHI …. ICAO Code for Adam Air, such as GIA (Indonesia), MNA (Merpati), TGN (Trigana), LNI (Lion)
- Mike kilo sierra = MKS …. Alat bantu navigasi (VOR) di Ujung Pandang
- ATC …. Air Traffic Controller. Dalam percakapan ini adalah suara dari Ujung Pandang Approach (UPG APP).
- DME = Distance Measuring Equipment….. alat bantu penentu jarak ke station tertentu.
- DIOLA…. DR/Dead Reckoning point. Koordinat pada titik tertentu di bumi (used for navigation).
- FO = First Officer…. Copilot.
- FMS = Flight Management System…. Komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tsb.

- Rekaman ini saya coba translate dengan semaksimal mungkin, dengan meminimalisir suara-suara yang tidak jelas (daripada menimbulkan keraguan / salah persepsi dalam penerjemahan).
klo ada yang mau melengkapi, silahkan…..
turut berduka cita juga…..

sumber transkrip : http://radioclinic.com/
download rekaman disini http://rapidshare.com/files/133783829/Rekaman_Adam_Air.mp3.html

About these ads

Author: Panca

Dari tidak tahu menjadi tahu

30 thoughts on “transkrip rekaman blackbox kecelakaan pesawat adam air

  1. thanks for sharing. clear.

  2. Belasungkawa yang mendalam atas tragedi ini, mendengar rekaman saja sudah begitu ngerinya bayangkan apabila ada rekan kita, saudara kita ataupun kita sendiri yang berada disana. Semoga tidak akan terjadi lagi hal ini sampaikapanpun.
    Bagi kita yang masih seger bugar ini persiapkanlah bekal kita untuk menuju kesana…..amin.
    Thanks for sharing.

  3. aduh ngeri, takut……. kok bisa jadi begini, belum bisa diketemukan lagi.

    [d: trima kasih kunjungannya]

  4. sedih aq sedih dengar percakapan eh… baca percakapan dia tas…. turut berduka cita

    http://indodesain.org

  5. Om Panca. Tolong Email ke aku dong rekamannya. Ni alamatnya: fiant_pwr@yahoo.co.id Or aris.yulianto@id.pewg.panasonic.com
    Thanks

  6. kalau memang ini adalah hasil rekapan asli, itu berarti sebelum jatuh pesawatnya memang sudah ada mai function yah….tapi apakah memang sebegitu cepat ya jatuhnya….di ketinggian berapa mereka yah? lagi decent?…but for waht is worth, I pray for those family who suffer the loss from this accident to be strong and always believe that God will not give any burden harder than ones capability to hanlde…trust God….dan pada pemerintah, ” Ini udah saatnya yang tepat buat pemerintah utk men-setup process baru utk memberikan certificat “air worthy” pesawat, jangan cuma mau ttd doang lalu tutup mata…kalau udah begini siapa yang tanggung jawab>????????

  7. Tragis sekali….. Semoga kita dapat mengambil hikmah dari kejadian ini. Bagi keluarga korban turut berdukacita…semoga bersabar ….. Allahumaghfirlahum …..

  8. kayaknya itu cuma rekayasa aja dech..kalaupun itu bener..bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan & ketabahan..Amiiennnn….

  9. if this record real
    1. Setau gwe windshield atau kaca pelindung ruang kendali pesawat sudah di desain dengan teknologi canggih sehingga mampu menahan daya dorong angin dan bentuknya aerodinamis.
    2. Menurut Air safety digest mengatakan bahwa pesawat tersebut putus komunikasi dengan tower hilang dari radar MKS ATC Bandara Hasanuddin, Sulawesi Selatan pada ketinggian (Flight Level) FL350 (35.000 kaki) hilang dari radar. Dimana membutuhkan lebih dari 10 menit untuk impact ke laut.
    Jadi menurut saya blackbox ini bisa lepas ke umum sangat sulit, karena hanya orang yang tertentu yang mempunyai hak mendengar percakapan di blackbox.
    Tapi juga bukan hal yang mustahil untuk memalsukan record tersebut, bisa jadi si pelaku membuat dari informasi yang di baca dari berbagai media contohnya

    http://www.dephub.go.id/knkt/ntsc_home/Safety_Digest/2007/AIR_Safety_Digest_2007.pdf

    Saya berharap dari teman-teman untuk tidak langsung percaya pada suatu sumber yang tidak bisa di pertanggung jawabkan, mari kita kaji dan pelajari layaknya manuasia beradab dan berakal lebih dari pada binatang, thats why we are prefect human being.
    Peace yo

  10. dari terawangan mbah Te Oe Ge Oe Ge , mas Adam neh waktu castingnya dah abis ., masa tayangnya dah terminated nyang masih ada ya mbak Eva , dah .. ahh serahin aja ama anggota DPR pasti beres dah urusannya ……
    dolo pernah kok mendarat di suatu tempat bandara guede kakinya injak rompot padahal ada tanda “no trespassing ” ….

  11. Owww bikin penasaran aj gmna kjadiannya…..

    om tolong donks rekamannya di kirim ke lian.imada@gmail.com

    kirim ya om secepatnya yach……….

    aq tunggu loch………..

  12. Sebenarnya aku gak permasalahkan rekaman itu benar dan tidak, tapi percakapan itu membuat saya miris…… Pro & kontra tentang benar dan tidaknya transkrip Black box itu tarik ulur dengan berbagai macam kepentingan, dari bisnis, trust tentang penerbangan kita, juga kepentingan tentang citra di dunia international,apalagi akhir akhir ini katanya sih…pesawat kita gak boleh terbang ke eropa….jadi aku gak peduli benar dan tidaknya, semoga keluarga yang ditinggalkan kuat saja amiiieen…

  13. Liat rekaman nya aja dah takut.apalagi ada saudara kita yang ikut adam air.jadi pelajaran aja buat para pilot.

  14. mengerikan, dan sangat mengerikan semoga yg terakhir kejadian seperti ini

  15. saya pribadi mendoakan kepada keluarga korban agar diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah dan cobaan ini. Amin

  16. ini amanah dan pelajaran buat para pengambil kebijakan di negeri kita, tpi yg pasti semua ada hikmahnya.
    besok ato kapan pun jgn ada lagi fasilitas mnggunakan nama nabi.. jgn ada HAWA AIR, cukup ADAM AIR. ini bahan introspeksi bagi kita semua. kpd klrga korban smoga dberi kekuatan dan ketabahan. amin

  17. teman saya Vittorio tarigan yang ada di dalam pesawat itu, smoga kamu tenang di alam sana

  18. Your blog is interesting!

    Keep up the good work!

  19. kata pak menteri ini semua bohong. dan saya percaya ini bohong. dirumah saya juga ada kotak itam tapi udah kecoklatan karena karat. apa mas bisa membuat sedikit cerita juga ya.kan nanti kalau banyak peminat mas juga yang untung kan? pemilik kotak juga bisa bilang apa, wong udah jadi rongsokan. yang bisa membuat berharga kembali ya cuma mas word press.comblang. he..he..he..

  20. apa kotak merah, kotak kuning, atau kotak suara juga laku ya mas? kalau laku dirumah saya banyak tuh, kagak usah bayar, tapi kapan isu ceritanya udah di buat, jangan lupa saya diberi tahu, ya saya cuma mau numpang populer aja sambil mengatakan tu kotak di ambil dari rumah saya…he..he..he…

  21. gw bingung harus ngomong apa lagi selain berdoa semoga mereka yg hilang diterima di sisi ALLAH

  22. maintenacenya tuch yg krang.instrumentnya dah due date.ato g dklibrasi

  23. Saya memulai karir di maskapai tersebut, saya hanya bisa berdoa semoga mereka yang ditinggalkan tabah dan menerima cobaan ini…

  24. waduh. . . . . .kelihtnNya udah di rencnakan emang,mungkin ada org yg sengaja…
    Yah,kalo udh thakdir yah,,.gimn lagi ??? Hern amt,knp gk ada 1 pun yg slmat ya?!

  25. keselamatan yang paling utama, sebenarnya motto ini yang di utamakan.

  26. Kecelakaan yang terus berulang ulang perlu evaluasi lebih lanjut,memang kecelakaan kalau ga human error ya faktor alam lah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 27 other followers