cinta ibu

Roy Suryo tidak memahami apa itu operating system

Leave a comment


Pada sebuah acara di RRI Programma 2 Jakarta, tanggal 11 Januari Roy Suryo menjadi narasumber. Berikut adalah inti dari yang beliau katakan (dikutip dari posting ke mailing list Telematika (http://groups.yahoo.com/group/telematika/):

* “Linux jaman sekarang kan udah Windows base…”
* “Perbandingan pengguna Windows dibanding dengan Linux, sekitar 75:25…”
* “Virus tidak masuk ke Linux karena pengguna Linux masih sedikit…”

Pernyataan itu perlu di sanggah :

Sanggahan

“Linux jaman sekarang kan sudah Windows base”

Kalimat ini memiliki dua buah interpretasi yang umum:

* GUI (graphical user interface/antarmuka berbasis grafis) dari Linux adalah Windows (Microsoft Windows). Pernyataan ini tentunya sangat salah. Windows adalah sistem operasi tersendiri. Sedangkan GUI dari Linux pada umumnya adalah X-Window System atau lazim dikenal sebagai X11 atau X saja.
* Linux jaman sekarang sudah berbasis GUI (atau juga dikenal sebagai windowing system). Interpretasi ini tidak ada sangkut pautnya dengan sistem operasi Windows buatan Microsoft, tetapi ini juga salah. X11 sudah ada bahkan sebelum Linux ada. Linux pertama kali dirilis oleh Linus Torvalds pada tahun 1991, itu pun masih dalam bentuk yang tidak layak dipakai oleh hampir seluruh lapisan pengguna. Distribusi Linux pertama kali baru dibuat kurang lebih satu tahun sesudah itu. Sedangkan X11 sudah ada sejak 15 September 1987, kurang lebih 4 tahun sebelum Linux dilahirkan. Pada masa ini, X11 digunakan terutama oleh sistem operasi UNIX.
Referensi:

“Perbandingan pengguna Windows dibanding dengan Linux, sekitar 75:25”

Sangatlah sulit untuk mengetahui berapa persisnya jumlah pengguna Linux. Alasannya: Linux adalah sistem operasi yang free, pengguna bisa mendapatkan sistem operasi Linux dari berbagai sumber, dalam kebanyakan kasus bahkan secara gratis.

  • Dalam sebagian besar kasus, Linux dapat didownload dari Internet secara gratis.
  • Ada sangat banyak distribusi Linux, jumlahnya lebih dari 200 buah.
  • Dalam sebagian besar kasus, distribusi Linux boleh diinstall ke beberapa komputer dengan legal.

Hal tersebut menyebabkan seluruh usaha untuk menghitung pangsa pasar sistem operasi Linux sangatlah sulit, dan bisa dikatakan hampir tidak mungkin. Walaupun demikian mari kita lihat salah satu riset yang mempelajari pangsa pasar Linux:

Linux to Gain Market Share (http://www.emarketer.com/Article.aspx?1003196). Pada riset ini, IDC mengatakan bahwa pangsa pasar Linux antara tahun 2003 dan 2008 akan meningkat sebanyak 33%. Pada paper yang sama, IDC juga memberikan hasil riset mengenai pangsa pasar beberapa sistem operasi. Di sana dikatakan bahwa pangsa pasar Linux di seluruh dunia adalah 1.3%, sedangkan pangsa pasar Windows (dengan menjumlahkan seluruh versi Windows) adalah 96.2%. Jadi sangatlah jauh dari pernyataan Roy Suryo bahwa perbandingan Linux dan Windows adalah 25:75.

Referensi:

“Virus tidak masuk ke Linux karena pengguna Linux masih sedikit”

Memiliki pangsa pasar yang lebih besar belum tentu makin banyak diserang oleh virus. Contoh utamanya adalah web server Apache (http://httpd.apache.org). Menurut survey web server yang dilakukan oleh Netcraft (http://www.netcraft.com), web server Apache pangsa pasar sebanyak 68.43% (http://news.netcraft.com/archives/2005/01/01/january_2005_web_server_survey.htmlmemiliki). Akan tetapi bisa dikatakan tidak ada worm/virus yang menargetkan web server Apache. Sedangkan sudah beberapa kali worm/virus secara aktif menyerang web server Microsoft IIS, sebagai contoh adalah:

Sedangkan hanya satu worm yang secara aktif menyerang web server Apache:

Selain itu banyak pihak yang berpendapat bahwa Linux didesain sebagai sistem yang relatif lebih aman jika dibandingkan Windows. Silakan lihat artikel-artikel berikut ini:

sumber : http://rangkuman.roysuryowatch.org/index.php?title=Roy_Suryo_Tentang_Linux

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s