cinta ibu

Revolusi Teknologi Informasi dan Kaitannya Dengan Sumber Daya Manusia

1 Comment


Teknologi informasi tidak hanya mencakup perangkat komputerasi (hardware) dan aplikasi aplikasi pendukungnya (software) saja, tetapi juga sumber daya manusia yang menggunakannya (brainware).
Dalam dasawarsa ini, pemanfaatan teknologi oleh intitas bisnis terus meningkat. Banyak sekali sistem komputerisasi yang dipergunakan untuk membantu kinerja sebuah organisasi, misalnya sistem Electronic Data Interchange (EDI) yang menghubungkan proses bisnis di tiap tiap unit kerja.

Pemanfaatan revolusi teknologi ini merupakan salah satu prasyarat untuk meningkatkan pengelolaan organisasi. Dalam hal ini penerapan teknologi di Yayasan Loper Indonesia, saya persempit menjadi dua faktor yang yang saling terkait, yaitu perangkat lunak pendukung dan organisasi pengguna (SDM). Kedua faktor ini tidak bisa dipisahkan. Teknologi tidak dapat diterapkan tanpa organisasi. Dan organisasi tidak akan efektif tanpa penerapan teknologi informasi.

Pada satu titik tertentu, inovasi teknologi mempengaruhi tidak hanya kompetensi teknis SDM, tetapi juga merangsang “technology knowledge” SDM dalam organisasi tersebut, yaitu bentuk asumsi dasar dan pola pandang SDM terhadap proses internal dan hubungan antar unit organisasi.

Pemanfaatan teknologi informasi di Yayasan Loper Indonesia dan penerapannya pada fungsi pelaksanaan tugas dan fungsi SDM di Yayasan menciptakan warna tersendiri bagi proses kepengurusan Yayasan. Penerapan Teknologi Informasi ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing organisasi. Teknologi Informasi akan menjadi salah satu tulang punggung kompetitif, jika diaplikasikan dengan sesuai maka teknologi ini akan mampu menyatu dengan semua aspek  dalam entitas yayasan.

Melihat dari tujuan itu, maka investasi TI merupakan kebutuhan bagi yayasan. Investasi dan penerapan TI ini akan berdampak pada beberapa bidang kehidupan organisasi, seperti sistem dan struktur organisasi
atau model pengelolaan SDM.

Adapun beberapa keuntungan penerapan TI dalam bidang SDM adalah

– Sistem TI memungkinkan bagian SDM berperan aktif dalam perencanaan strategis organisasi

– TI mengintegrasikan dan menyimpan semua informasi  Loper dalam suatu databank, oleh karena itu dalam proses perencanaan, bagian SDM dapat mengambil perspektif global terhadap persediaan dan kebutuhan pengembangan SDM untuk selanjutnya diinterpretasikan dengan cara yang lebih efektif

– Sistem Informasi Manajemen SDM memfasilitasi penyimpanan dan akses ke catatan pengelolaan data loper yang vital bagi organisasi. Sebagai tambahan terhadap data internal, dengan fasilitas IntraNet yang dibangun di Yayasan, Bagian SDM dapat mengambil manfaat dari akses langsung ke databank yang berisi informasi bagi penyusunan strategi terhadap pemberdayaan para loper.

Kecepatan perubahan TI dan aplikasinya pada sistem dan proses internal suatu organisasi akan menjadi terhambat jika SDM tidak memiliki ketrampilan yang cukup untuk mengoperasikan teknologi dan sistemnya. Untuk itu SDM ini akan diberi pelatihan dan pengembangan dalam formulasi yang sesuai dengan tahapan implementasi sistem IT tersebut. Dengan pengembangan ini SDM akan mampu beradaptasi dengan berubahan pola kerja yang ada.

Ditulis oleh panca dari berbagai sumber.

Author: Panca

Berupaya memfasilitasi hak pendidikan anak-anak Indonesia

One thought on “Revolusi Teknologi Informasi dan Kaitannya Dengan Sumber Daya Manusia

  1. Berkunjung dan baca infonya, mudah-mudahan bermanfaat bagi banyak orang, sukses ya.
    I Like Relationship.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s